Minuman Terbaik Untuk Wanita Hamil Adalah Teh Hijau

Wanita yang sedang hamil harus lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Apa yang mereka makan tentu akan memengaruhi kesehatan diri sendiri dan janinnya. Teh hijau termasuk dalam daftar minuman yang boleh dikonsumsi wanita hamil. Teh hijau manfaat positifnya sangat beragam untuk kesehatan wanita yang sedang mengandung, lho.
Saran Penyajian Teh Hijau untuk Wanita Hamil
Ingin tahu seputar manfaat teh hijau untuk wanita hamil beserta saran penyajian yang tepat? Yuk, temukan informasi lengkapnya di sini!

Saran Penyajian Teh Hijau untuk Wanita Hamil

Meski teh hijau manfaat sehatnya banyak, wanita hamil tidak disarankan mengonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak. Perlu diingat, batasan kafein yang boleh dikonsumsi wanita hamil adalah 200 mg per hari. Teh hijau adalah alternatif terbaik bagi wanita hamil karena kandungan kafein di dalamnya lebih sedikit dibandingkan teh hitam atau kopi.

Wanita hamil bisa mengonsumsi 2-3 cangkir teh hijau sehari. Dalam satu cangkir berukuran 230 ml teh hijau mengandung 30-50 mg kafein. Para wanita hamil bisa minum setidaknya 2 cangkir teh hijau setiap hari.

Teh hijau yang akan dikonsumsi wanita hamil sebaiknya tidak ditambah gula atau pemanis lainnya. Konsumsi gula yang berlebi dapat menjadikan ukuran bayi di dalam kandungan lebih besar dibandingkan bayi normal. Selain itu, konsumsi gula meningkatkan risiko diabetes gestasional di masa kehamilan.

Manfaat Teh Hijau untuk Wanita Hamil

Teh hijau bukan sekadar minuman pelepas dahaga bagi wanita hamil. Mereka yang mengonsumsi teh hijau saat hamil bisa memperoleh sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan diri dan janinnya, lho. Berikut adalah sejumlah manfaat dari teh hijau yang ditawarkan kepada wanita hamil.

1.    Mengontrol Tekanan Darah

Teh hijau manfaat sehatnya juga bisa dinikmati wanita hamil. Minuman sehat yang satu ini dapat mengontrol tekanan darah agar tidak melonjak drastis. Sebagaimana diketahui, masa kehamilan memungkinkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi).
Kondisi hipertensi bisa meningkatkan risiko komplikasi atau preeklampsia. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh sekaligus mengontrol tekanan darah tetap stabil.

2.    Menjaga Kesehatan Gigi

Wanita hamil juga harus tetap memperhatikan kebersihan gigi dan mulut, apalagi jika usia kehamilannya semakin bertambah. Konsumsi teh hijau setiap hari dapat membantu Anda memiliki gigi yang sehat dan bebas dari masalah. Katekin, salah satu jenis antioksidan di dalam teh, memiliki kekuatan menghancurkan bakteri dan virus penyebab bau mulut, gigi berlubang, dan masalah gigi lainnya.

3.    Memperbaiki Suasana Hati

Sudah bukan rahasia lagi jika wanita hamil kerap mengalami mood swing. Perubahan bentuk tubuh dan gaya hidup bisa saja membuat wanita hamil merasa stres. Jika Anda kerap mengalami mood swing, cobalah mengonsumsi teh hijau setiap hari. Minuman ini mengandung asam amino theanine yang dapat memberikan efek relaksasi untuk memperbaiki suasana hati.

Selama masa kehamilan, Anda bisa menyeduh satu kantong SariWangi Teh Hijau tanpa menambahkan pemanis apa pun. Teh hijau manfaat sehatnya memang bisa diperoleh wanita hamil jika dikonsumsi sesuai dengan saran penyajian dan takaran yang dianjurkan. Sudahkah Anda menikmati secangkir teh hijau hari ini?

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah

loading...