Ternyata Ini 5 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Buah Karsen atau yang memiliki nama latin Muntingia Calabura, buah kersen merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis. Buah yang dijuluki sebagai cerinya Indonesia ini sangat mudah tumbuh di mana saja, mulai dari pekarangan, lahan liar, hingga di tepi jalan.
Buah Karsen atau yang memiliki nama latin Muntingia Calabura, buah kersen merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis.
Meskipun mudah dijumpai, buah mungil yang memiliki rasa manis ini kerap dianggap tak bernilai. Nah, selain daun kersen yang dipercaya untuk berbagai pengobatan, ternyata buah kersen juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan, lho! Apa saja? Yuk, ketahui informasi selengkapnya berikut ini!

Mengontrol kadar gula darah

Meskipun memiliki rasa manis, namun buah kersen aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Pasalnya, kersen mengandung zat anti-diabetes, seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, dan tiamin yang mampu mengontrol kadar gula darah.

Mengonsumsi 500 mg ekstrak buah kersen dapat menurunkan kadar gula secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa buah kersen membantu menstabilkan gula darah atau menurunkan dosis injeksi insulin.

Mengatasi asam urat

Gout merupakan jenis penyakit peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang terlalu banyak di dalam tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan. Biasanya, penyakit ini terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti jeroan, beberapa jenis makanan laut dan kacang-kacangan, atau terlalu sedikit minum air putih.

Namun, sifat anti-inflamasi dari buah kersen dipercaya dapat mengurangi asam urat yang ada pada persendian. Dengan mengonsumsi 9-12 biji sebanyak 3 kali sehari, secara perlahan dapat menghilangkan rasa sakit tersebut.


Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, tubuh membutuhkan kandungan antioksidan. Nah, siapa sangka ternyata buah kersen memiliki kurang lebih 24 senyawa flavonoid dan fenol yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah infeksi dan pertumbuhan sel kanker, sehingga kekebalan tubuh jadi meningkat.

Selain itu, buah mungil ini juga memiliki sifat antibakteri. Bahkan kandungan antibakteri dari kersen memiliki jumlah yang sebanding dengan antibakteri standar yang digunakan dalam dunia medis, lho!

Mengatasi masalah pencernaan

Biasanya, maag merupakan gangguan pencernaan umum yang kerap dialami oleh banyak orang. Penyakit ini dapat menimbulkan efek kesehatan, seperti nyeri perut, mual, kembung, dan muntah.

Dengan kandungan anti-inflamasinya, buah kersen dapat mencegah dan mengobati permasalahan di lambung dengan menetralkan asam lambung dan melindungi mukosa lambung. Tak hanya itu saja, kersen memiliki sifat antibiotik alami yang dapat membantu mengobati penyakit staph, bakteri usus, sepsis, dan difteri.

Menjaga kesehatan jantung

Karena kemampuannya yang dapat melancarkan aliran darah, baik daun maupun buah kersen sama-sama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, jika aliran darah menuju jantung tidak lancar, jantung akan berpotensi mengalami kerusakan, bahkan bisa terkena berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung  yang mematikan.

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah

loading...